Yay for another achievement!
Pada 26 Oktober 2021 kemarin, The Body Shop® Indonesia berhasil memenangkan 2 kategori dalam Women’s Empowerment Principles (WEPs) Awards yang diadakan oleh UN Women Indonesia lho. Dalam kategori Community Engagement and Partnership, The Body Shop® Indonesia menjadi Pemenang Utama melalui kampanye Stop Sexual Violence, Semua Peduli Semua Terlindungi #TBSFightForSisterhood.
Kemenangan kedua diraih The Body Shop® Indonesia dengan menjadi 1st Runner Up dalam kategori Gender-inclusive Workplace melalui program Creating Gender-Balance Workplace Through Robust HR Policies. Penghargaan apa aja sih ini? Yuk kita bahas!
Apa Sih WEPs Awards Itu?
WEPs Awards diselenggarakan melalui program WeEmpowerAsia yang didanai oleh Uni Eropa. Ajang penghargaan ini mengapresiasi sektor swasta di Indonesia yang punya inisiatif mengatasi ketimpangan gender dan mendukung partisipasi aktif perempuan dalam mendukung perekonomian nasional.
Ada 228 aplikasi dari 138 perusahaan yang masuk dalam seleksi penghargaan ini. Setelah melalui penilaian dari 10 panel juri yang terdiri dari profesional bisnis dan berpengalaman dalam isu pemberdayaan ekonomi perempuan, The Body Shop® Indonesia jadi pemenang untuk 2 kategori!
Pemenang Utama Kategori Community Engagement and Partnership
Sudah kenal dong sama kampanye Stop Sexual Violence? Yes, gerakan anti kekerasan seksual terbesar di Indonesia dari The Body Shop® Indonesia ini menjadi Pemenang Utama dalam kategori Community Engagement and Partnership.
Hantaran Petisi Stop Sexual Violence ke Gedung DPR
Demi mewujudkan Indonesia bebas kekerasan seksual, kami terus mengedukasi publik sampai berhasil menjangkau 5 juta orang dan hampir 500.000 tanda tangan petisi #SahkanRUUPKS telah terkumpul. Ada kamu nggak salah satunya? Kami juga memprioritaskan suara korban dan penyintas yang belum mendapat dukungan dan keadilan. Inilah yang ingin kita atasi, kami ingin adanya sistem sosial hukum yang adil dan berpihak pada korban dan penyintas.
Melalui Stop Sexual Violence, The Body Shop® Indonesia menggandeng Yayasan Pulih, Magdalene.co, Yayasan Plan International Indonesia, Makassar International Writers Festival, serta para aktivis dan Key Opinion Leaders lainnya. Usaha kami dilihat oleh UN Women, dan kami dinilai dapat mempromosikan kesetaraan gender dengan melibatkan komunitas dan kemitraan hingga berhasil memenangkan kategori Community Engagement and Partnership.
1st Runner Up Kategori Gender-inclusive Workplace
Dalam kategori Gender-inclusive Workplace, The Body Shop® Indonesia menjadi 1st Runner Up. Artinya kami dinilai memiliki prestasi dalam mengadopsi langkah-langkah inklusif gender yang relevan di tempat kerja.
Saat ini di The Body Shop® Indonesia, 73% dari karyawan adalah perempuan, dengan 54% dari jajaran leadership adalah perempuan. Payung besar dari kesetaraan gender yang kami terapkan adalah Inclusivity dan Diversity, di mana semua diperlakukan dengan adil dan setara, tanpa diskriminasi atas dasar apa pun.
Salah satu bentuk komitmen kami dalam kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan
Kami juga terus memperbaiki kebijakan internal untuk dapat meraih kesetaraan gender, seperti parental leave, karyawan perempuan dapat menanggung pasangan dan 3 anak untuk rawat jalan, hotline pengaduan kekerasan, hingga employee assistance program terkait pelecehan dan pemulihan trauma.
Inilah salah satu bentuk komitmen kami dari awal berdiri untuk terus mendukung kesetaraan gender mulai dari dalam lingkungan kantor sendiri sampai ke masyarakat luas. Kami bangga menyebutnya sebagai Values perusahaan kami. Nilai-nilai ini nggak hanya menjadi tanggung jawab kami sebagai perusahaan, tapi sudah menjadi DNA kami dalam menjalankan bisnis!
Yuk, ikut dan dukung kami agar bisa terus memperjuangkan kesetaraan gender ya!